Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan, Coba 4 Bisnis Jarang Pesaing ini!

Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan 
Budidaya ciplukan. Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan

Keberadaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sangat berperan dalam perkembangan perekonomian Indonesia. Sektor bisnis ini menjadi pelaku usaha mayoritas yang mampu  menciptakan lapangan pekerjaan, mengurangi angka kemiskinan dan sebagai penyumbang terbesar dalam pendapatan nasional (PDB). Beragam peluang usaha kecil kecilan di sektor UKM memang cukup menarik untuk dijalankan menjadi usaha sampingan maupun pokok. Sayangnya dibalik peluang yang potensial, tidak semua jenis usaha mudah dijalankan. Banyak kendala yang harus dilewati, seperti modal, pesaing dan lokasi usaha. Pelaku UKM dituntut menciptakan ide usaha baru, kreatif dan inovatif untuk menemukan usaha yang langka tapi menguntungkan.

Memilih usaha baru semata mata bukanlah menghindari dari persaingan usaha yang Semakin hari semakin ketat. Sebab persaingan usaha tetaplah ada, Hanya saja, agar usaha yang sedang kita jalani terus bertahan haruslah memiliki daya  kreatifitas dalam produk dan layanannya. Dan bagi para pemula yang baru terjun ke dalam dunia usaha, dengan memilih usaha baru yang masih jarang digeluti, bisnisnya bisa cepat berkembang. Minimal usaha kecil tersebut bisa menghasilkan pendapatan setiap hari.

Tips Menemukan Bisnis Jarang Pesaing

Menenukan usaha yang masih langka itu tidaklah gampang. Selain membutuhkan daya kreatifitas, kita membutuhkan analisa pasar yang kuat untuk menciptakannya. Sebab, semua usaha berkaitan dengan perilaku manusia dengan kebutuhannya yang dinamis. Artinya bisa saja berubah sesuai trend tertentu. Usahakan ide bisnis tersebut bisa dipakai untuk jangka usaha yang panjang, bukan usaha musiman atau cuma tenar sebentar lalu redup lagi. Berberapa tips dibawah ini mungkin bisa menemukan usaha unik yang belum banyak pesaing.

Mendaur ulang barang bekas

Ada banyak barang bekas, limbah dan sampah yang tidak termanfaatkan taapi sebenarnya masih bisa dijadikan bahan untuk bisnis. Sudah banyak yang memanfaatkan dengan menyulap barang bekas menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi. Contoh saja tas dari kain perca, pernaik pernik dari kaca bekas, kemudian limbah kayu dijadikan miniatur dll.  Tinggal bagaimana kalian merancang ide baru dalam pemanfaatan limbah tang ada. Jika berhasil, tentu kalian menciptakan ide kreatif untuk usaha yang langka tapi menguntungkan sehingga bisa bersaing menjadi usaha lebih besar.

Menfaatkan potensi alam

Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah yang belum tentu dimiliki negara lain. Setiap daerah Indonesia memiliki sumber daya alam yang khas sendiri sendiri. Daerah  jawa tentu berbeda hasil produksi alamnya dengan sulawesi. Perbedaan sumber daya alam ini sebenarnya bisa kita manfaatkan dengan cara menjual produk tertentu disuatu daerah. Sebab belum tentu daerah lain memiliki produk yang dihasilkan daerah satunya. Misal saja, brebes terkenal sebagai produksi rotan  sedangkan pekalongan tidak. Jadi orang brebes punya peluang usaha menjadi penyuplai rotan ke pekalongan.

Bukan hanya itu saja, sumber daya alam yang terus dimanfaatkan manusia tentu ada saatnya akan habis atau berkurang. Padahal produk alam selalu dibutuhkan manusia setiap waktu baik untuk pangan, maupun papan. Untuk memproduksi ulang sumber daya alam dibutuhkan suatu proses budidaya. Proses budidaya inilah yang bisa menjadi ladang usaha yang mungkin masih jarang digeluti orang.

Mengemas produk dalam kemasan menarik

Ada banyak produk makanan dan barang tradisional yang menurut saya masih belum dikemas secara menarik. Maksudnya belum dikemas menarik adalah masih belum layak masuk dalam pasar ritel modern seperti alfamart dan indomart. Padahal pasar ritel adalah pangsa pasar yang menggiurkan bagi para pengusaha kecil jika memang produknya sudah layak dipasarkan. Tidak sebatas dipasar tradisional atau toko kelontong.

Akan tetapi umumnya pelaku usaha tradional enggan merambah dunia modern. Alhasil peluang pengemasan produk kembali atau repacking dimanfaatkan oleh orang orang kreatif. Umumnya mereka tidak hanya mengemas saja, melainkan meremake produk tersebut lebih variatif. Misal saja, produk makanan ringan seperti krupuk. Diremake dengan cara ditambah bumbu aneka rasa.

Sebagai perantara antara dua pelaku usaha

Tahu kan apa itu broker? Ya itu dia yang saya maksud dalam poin itu. Jadi kita bisa memanfaatkan celah antara dua pelaku usaha. Celah tersebut tentu sellau ada, sebab umumnya usaha kecil tidak memiliki tahapan produksi yang lengkap.Misalnya ni, ada peternak ayam dan ada usaha restoran. Maka kalian bisa ambil bagian di antara keduanya dengan mendirikan usaha Rumah Potong Ayam, RPA. RPA tugasnya hanya mengambil ayam hidup peternakn dan melanjutkan ke usaha restoran dalam bentuk daging ayam siap olah.

Contoh Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan, Bisa Membuat Anda Cepat Kaya

Dari uraian tips menemukan usaha baru yang masing belum banyak diketahui orang, dalam pikiran saya ada beberapa contoh usaha yang bisa kalian manfaatkan. Dari salah satu contoh dibawah ini, saya sendiri sedang mencoba keberuntungan dengan menjadi usaha kecil yang jarang. Siapa tahu rezekinya dari usaha tersebut.

Usaha Budidaya Ciplukan

Ciplukan adalah buah liar disawah yang berbentuk kecil, daun dan buahnya berwarnanya hijau, Namun kalau sudah matang, buahnya berwarna kuning kecoklatan. Tadinya tumbuhan hanyalah utmbuhan liar yang malah mengganggu usaha pertanian, namun karena banyak ditemukan manfaatnya, ciplukan banyak dicari orang untuk dijadikan obat alami.

Akan tetapi pencairan tumbuhan ciplukan semkainuslit membuat tumbuhan ini populasinya menurun dan mulai langka. Untuk mendapatkannya, para penjual yang tadinya mencari mulai membudidayakan tumbuhan ciplukan. Salah satu manfaat paling dicari adalah untuk mengobati diabetes.

Budidaya Cacing Tanah

Binatang yang menggelikan ini ternyata punya banyak manfaat teman,antara lain sebagai obat typus, bahan kosmetik dan pakan ternak atau ikan. Sebelumnya cacing adalah hewan yang mungkin tidak ada manfaatnya, tetapi adanya cacing tentu tuhan sudah menrencanakannya untuk apa manfaatnya. Cacing tanah banyak dibudidayakan didaerah jawa timur, khususnya malang.

Cacing tanah dibudidayakan dengan media tanah, sisa baglog jamur dan limbah kotoran ternak. Pakan cacing terdiri atas limbah, kotoran ternak dan sisa sayuran. Bisa dikatakan biaya ppakannya sangat murah, bahkan gratis. Selama dua bulan cacing bisa menghasilkan dua kali lipat dari bibit yang dibudidayakan. Harga caccing saat ini mencapai 50 ribu.

Bisnis Agen Asuransi kesehatan

Sebenarnya menjadi agen atau tenaga pemasar asuransi bukanlah peluang usaha sampingan baru. Hanya saja semakin sadarnya masyrakat pentingnya perlindungan kesehatan, membuat masyarakat antusias mencoba produk asuransi kesehatan. Sedangkan perusahaan asuransi mengenalkan produknya dengan cara merekrut tenaga pemasar untuk memasarkan produk asurnasinya. Sehingga peluang usaha agen asuransi bisa menjadi ide baru untuk memulai usaha. Contoh perusahaan cukup terpercaya adalah Prudential dan alianz,

Jasa Pengiriman barang atau logistik

Perkembangan  toko online yang meledak sampai saat ini membuat peluang jasa pengiriman semakin terbuka. Sebab penjual online sangat mengandalkan jasa pengiriman produk yang dijual ke konsumennya.  Mungkin usaha jasa pengiriman barang ini adalah termmasuk usaha kelas menengah sebab memerlukan modal besar. Tapi kelas bawah juga bisa ikut andil dalam memulai usaha jasa yang menguntungkan ini.

Bisnis Obat Herbal

Terakhir adalah bisnis obat herbal, baik dalam bentuk produksi atau hanya sebagai agen atau pemasar. Bisnis obat herbal itu sangat menguntungkan, karena secara pandangan masyarakat obat herbal lebih berkhasiat, manjur dan murah. Secara otomatis konsumen lebih teratrik membeli obat herbal. Jika kalian modalnya kecl, kalian cukup menjadi agen pemasar obat herbal yang sifatnya privasi seperti obat kuat, obat wasir, obat keputihan dan lain lain.

Resiko Usaha yang langka dan minim pesaing

Semua usaha punya resiko, termasuk usaha yang langka tapi menguntungkan ini. Resiko usaha ini adalah kendala pemasarannya. Dimana ada masa sulit mencari pasar untuk menjual produknya. Solusinya adalah bergabung dengan komunitas. Misal untuk budidaya cacing tanah maka sebaiknya bergabung menjadi komunitas peternak cacing tanah.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *