Usaha Toko Bangunan, Untung Franchise atau buka sendiri?

usaha toko bangunan
Memulai usaha toko bangunan bisa dapat keuntungan besar

Pertumbuhan ekonomi ditandai dengan adanya pembangunan, salah satunya pembangunan fisik berupa gedung pencakar langit, perumahan, apartemen pusat perbelanjaan sampai infrastruktur umum. Pembangunan fisik yang tinggi membutuhkan bahan bahan material bangunan yang tersedia secara kontinyu agar dalam pembangunannya tidak mangkrak. Untungnya di Indonesia tidak terlalu sulit untuk mendapatkan bahan bangunan. Indonesia menyediakannya bahan bangunan seperti pasir, batu, kayu yang merupakan hasil alam. Namun berbeda ceritanya, kalau sudah menyangkut bahan bangunan seperti semen, batako, keramik, cat dan besi yang merupakan produk olahan. Bahan tersebut harus diperoleh dari suplier atau minimal usaha toko bangunan.

Bicara soal toko bangunan adalah jawaban tepat bagi yang ingin mengembangkan usaha kecil menengah (UKM) ditengah pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Pesatnya pembangunan bisa menjadi alasan dasarnya. Tidak sedikit orang yang ingin memulai buka toko bangunan dari  skala usaha kecil kecilan hingga yang memiliki modal besar. Bahkan sekelas perusahaan besar yang bergerak di bidang penjualan bahan bangunan,seperti Holcim sudah mulai membuka progam franchise toko bahan bangunan dalam memperluas pasarnya.

Keuntungan usaha toko Bangunan

Memilih suatu jenis bangunan tentu sudah mengetahui kuntungan dan kerugiannya. Tapi yang namanya usaha keduanya sudah pasti melekat. Keuntungan toko bangunan adalah barang-barang yang dijual memiliki cenderung naik. Bahan bahan tersebut sebagian besar dari alam yang kesediannya semakin menipis. Penggunaan bahan bangunan yang besar menandakan bahwa kebutuhan akan bahan bangunan selalu ada, sebab pembangunan gedung dan infrakstruktur akan tumbuh dari waktu ke waktu.

Bila barang dagangan lain, seperti pakaian dan makanan mungkin akan mengalami penyusutan atau ada batas pemakaian. Berbeda dengan bisnis toko bangunan yang umumnya yang menyediakan bahan material seperti batu, pasir atau besi. Bahan tersebut tidak ada masa kadaluarsa, awet. Artinya itu adalah sebuah salah satu keuntungan dari bisnis ini.

Memulai usaha toko bangunan, pilih franchise atau buka sendiri? Ini pertimbanganya.

Proses membuka toko bangunan ada tahap tahapnya. Pertama, harus memiliki konsep bisnis. Konsep toko bangunan ada dua pilihan, yakni dengan cara franchise usaha dan buka usaha sendiri. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing masing yang bisa menjadi pertimbangan dalam mendirikan toko bangunan ini.

Franchise usaha toko bangunan

Keuntungan memilih franchise adalah manajemen bisnis telah terbangun, dari penyediaan bahan material, layanan hingga brand yang akan mempengaruhi pasar atau penjualan. Penyediaan bahan sudah dari penyedia franchise, anda tidak perlu kerja sama dengan banyak pihak dalam penyertaan suplier material. Anda juga tidak bingung akan kehabisan stok, tinggal hubungi pihak franchise barang bisa datang tepat waktu.

Reputasi brand franchise akan memperngaruhi penjualan barang bangunan karena  sudah dikenal masyarakat. Kalian tidak ribet promosi kesana kemari menghabiskan banyak biaya. Salah satu penyedia franchise usaha toko bangunan adalah PT HOLCIM.  PT Holcim Indonesia Tbk (Holcim) menawarkan kemitraan waralaba (franchise) gerai toko bahan bangunan. usaha  franchise ini membutuhkan biaya mulai dari Rp 50 juta (khusus untuk mereka yang sudah punya toko bangunan jadi hanya membeli franchise saja), sampai Rp 700 juta mencakup keseluruhan. Lebih lengkapnya bisa kalian baca mengenai syarat dan ketentuan franchise gerai toko bangunan HOLCIM.

Buka usaha toko bangunan sendiri dengan modal kecil

Resiko membuka toko bangunan sendiri, harus mengurusnya sendiri dari mulai izin usaha sampai penyediaan bahan bangunan. Artinya kita sebagai pemiliki toko harus memiliki banyak pihak dalam menjalankan usahanya. Salah satunya suplier bahan bangunan. Sebab, tidak semua suplier menyediakan lengkap. Belum lagi belum punya brand atau reputasi toko, kita harus melakukan promosi untuk menaikan omzet penjualan.

Keuntunngan  buka usaha toko sendiri dari segi modal lebih rendah. Berbeda dengan franchise, karena ada biaya paket usaha dan royalti yang menyebabkan biaya lebih mahal. Keuntungan lain berupa adalah bisa menetapkan harga barang lebih tinggi sehingga potensi pendapatan bisa lebih besar.

Tips usaha toko bangunan bagi pemula agar sukses

Kedua konsep usaha toko bangunan bisa kalian pertimbangkan mana yang baik. Semua tergantung dari kemampuan finansial dan mental kalian. Namun kedua keduanya takan sukses bila menjalankan usaha tanpa analisa usaha yang jelas. Sebab selain memperhatikan konsep kalian juga memperhatikan tips dalam menjalankan usaha.

Lokasi usaha yang strategis

Salah satu hal penting pada awal pendirian toko bangunan adalah memilih lokasi usaha yang strategis. Lokasi strategis maksudnya berupa lokasi usaha yang mudah di temukan oleh pembeli seperti pinggir jalan raya, atau pusat keramaian lainnya.  Tapi lokasi strategis tidak mudah untuk mendapatkannya, karena umumnya sudah ada yang menempatinya, apalagi di perkotaan, Solusinya kalian bisa mendirikan usaha di daerah desa yang berkembang. Selain tanah atau sewa murah, kalian bisa leluasa dalam penggunaan tanah. Apalagi usaha toko bahan bangunan butuh gudang simpan dan area keluar masuk barang (distribusi).

Penyediaan bahan bangunan yang lengkap

Apabila sesorang   pembeli tidak menemukan barang yang diinginkan, maka pembeli akan memilih toko lain yang lebih lengkap. Kondisi seperti itu artinya menyayangkan pembeli yang datang. Agar usaha toko banguan terhindar dari kejadian sperti itiu, maka usaha toko bangunan harus menyediakan barang yang lengkap. Betul?

Pada umumnya memang jenis usaha toko bangunan tidak semua menyediakannya. Mereka justru lebih khusus menyediakan seperti  toko yang khusus menjual cat, toko yang khusus menjual alat mandi, toko bangunan khusus keramik, dan toko khusus alat listrik.  Namun akan lebih baik jika anda memilih usaha toko bangunan menyediakan barang yang selengkap mungkin. Dengan demikiana potensi keuntunan akan lebih besar.

Pelayanan Jadi nomor  #1

Pelayanan yang baik akan memberi kesan yang baik bagi konsumen. Kesan yang baik akan memunculkan potensi calon pelanggan. Lalu seperti apa pelayanan yang baik? Berdasarkan apa yang ada dilapangan. Ada dua kasus pelayanan yang membuat pembeli betah beli di toko anda. Pertama, toko bangunan bisa cashbon, mengambil barang lebih dulu kemudian membayar diakhir pada akhir proyek pembangunan. Adanya cashbond, pembeli bisa membuat pembeli mengambil lebih banyak dalam satu kali beli sehingga barang cepat habis. Kedua, pengantaran barang pembelian sampai ke tujuan. Jadi tidak merepotkan pembeli dalam pengantaran barang.

Teknik Perluasan Pemasaran Usaha

Harapan mendirikan usaha tentu ingin usaha yang tadinya kecil bisa lebih besar. Tapi semua itu membutuhkan perjuangan dan waktu yang tidak sebentar. Ada beberapa teknik yang kami tawarkan disini, yakni menjadi suplier proyek dan go online.

Bagaimana menjadi supiiler proyrek pembangunan?

Usaha toko bangunan akan cepat berkembang jika memiliki pangsa besar yang besar. Pangsa besar tersebut adalah proyek pembangunan.  Jikaingin menjadi suplier proyek tentu butuh pihak yang ada dalam proyek tersebut, yakni pemilik proyek atau kontruktor. Bayangkan, jika dalam satu bulan ada beberapa proyek yang anda suplai. Banjir uang akan datang.

Mendirikan usaha toko bangunan online

Perluasan usaha selanjutnya yang mungkin lebih ringan dan efektif adalah dengan menjual barang barang bangunan secara online. Pangsa pasar online sangatlah besar, tidak mengenal ruang dan wilayah. Anda tinggal tunggu di rumah, ada orang pesan, pembeli bayar, langsung kirim. Enak kan?

Tetap Konsisten, karena itu kuncunya!

Tidak ada usaha berhasil kalau tidak konsisten sekalipun sebelumnya merupakan usaha besar dengan omzet ratusan  juta. Coba tengok Yahoo atau nokia, perusahaan itu tumbang oleh arus global karena tidak konsisten pada produk dan layananya, akhirnya mereka bangkrut. Jadi tetapla konsisten menjalan usaha toko bangunan walau awal awal tidak memiliki penghasilan minim. Sebab ada saatnya menikmati jerih payah usaha.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *