Usaha Ternak Lele Rumahan Di Lahan Sempit Dalam Drum Plastik

usaha ternak lele dalam drum plastik
usaha ternak lele dalam drum plastik rumahan modal kecil

Punya lahan sempit dirumah dan ingin memanfaatkannya untuk usaha? Ini lho, seputar usaha ada tawaran usaha ternak lele rumahan di lahan sempit dengan  media drum plastik bekas. Mungkin yang selama ini sedang mencari usaha kecil kecilan dirumah bisa memulai usaha ini. Itung itung daripada lahan mubazir tidak dipakai dan biarkan kosong, minimal dengan ternak lele bisa menghasilkan uang yang lumayan. Kedepannya jika berhasil bisa menjadi usaha sampingan yang menguntungkan.

Biaya untuk modal ternak lele drum plastik lebih murah dibandingkan menggunakan kolam terpal, kolam tembok maupun tanah. Dilihat dari sisi penggunaan lahan saja, cara ternak ikan lele lebih hemat. Kalian hanya menggunakan media drum atau tong bekas sudah bisa budidaya ikan lele. Sementara jika ingin usaha menggunakan terpal, kolam beton maupun tanah harus mengeluarkan investasi untuk membuat kolamnya. Belum lagi biaya sewa jika bukan tanah milik sendiri.

Peluang Usaha Ternak Lele Konsumsi

Apa yang menjadi usaha ternak lele begitu diminati para pelaku usaha kecil? Tentu jawabannya adalah karena masyarakat banyak yang membutuhkan ikan lele konsumsi siap masak. Kita bisa melihat faktor penyebab kenapa tingkat konsumsi lele dengan banyaknya warung pecel lele pinggir jalan atau resto yang bertebaran.  Banyaknya usaha warung pecel lele juga didasari kakrena masyarakat Indonesia menyukai makanan dari ikan lele.

Konsumsi tingkat lele bukan hanya opini belaka, menurut data Kementrian Keluatan dan Perikanan (KKP)  tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia mencapai  41 kilogram (kg) per kapita per tahun. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dari tahun tahun sebelumnya. Pada tahun 2015 di 37-38 kg per kapita per tahun dan 2015 di 35-56 kapita pertahun.

Dari kumulatif data tingkat konsumsi ikan dikelompikan menjadi 2 bagian, yakni ikan laut, olahan ikan dan ikan air tawar. Kelompok ikan laut seperti Tuna Tongkol Cakalang memiliki porsi 16.45%. Kemudian disusul dengan Kelompok olahan makanan dari ikan seperti bakso, sosis, nugget dan lainnya sebesar 9,02%. Dari ikan tawar kelompok ikan lele mengambil porsi paling banyak sebesar 7,92%. Sisanya adalah jenis ikan tawar yang beragam seperti  mujair, nila, gabus patin dan ikan tawar lainnya.

Dari tingkat konsumsi lele memang paling banyak masuk ke warung pecel lele. Untuk jenis makanan lainnya masih dibawahnya. Jadi target utama usaha ternak lele adalah menghasilkan ikan lele cepat besar untuk menyuplai stok ikan lele konsumsi kepada para pelaku usaha pecel lele.Walau kedepannya, bisa memperluas pemasaran sendiri ke olahan makanan lainnya

Cara Ternak Lele Rumahan dalam drum plastik Lahan Sempit

Memang usaha ternak lele dalam drum tidak maksimal karena tidak bisa menampung lele dalam kapasitas besar. Tapi namanya juga usaha kan dimulai dari usaha kecil kecilan dulu. Cocok bih buat pemula. Baru ketika usaha lancar dan membuahkan hasil, bisa mengembangkan usaha ternak lele dengan lahan yang luas pakai kolam beton atau tanah.

Bagi yang berminat memulai usaha ternak lele tentu harus belajar bagaimana cara ternak lele cepat besar agar cepat panen pula. Semua itu bukanlah hal instan, melainkan ada tahap dan trial and eror pada proses pembesaran ikan lele. Minimal kalian mengetahui tahap tahap ternak lele yang baik benar, seperti dibawah ini:

Persiapan budidaya lele

  1. Pengadaan Sarana Produksi Ternak Lele
    Apa saja yang harus disiapkan ketika memulai usaha ternak lele? Tentunya bibit ikan lele, pakan, obat dan vitamin serta peralatannya, drum plastik. Sebelumnya drum plastik di sett menjadi kolam dengan dibuat saluran air pembuangan.
  2. Pemupukan kolam lele
    Sebelum digunakan untuk proses budidaya, pastikan dilakukan pemupukan pada kolam drum. Pemupukan ini bertujuan untuk menyediakan makanan lele oranik bagi bibit lele nantinya, seperti jentik jentik nyamuk, plankton, kutu air dll. Cara pemupukan lele menggunakan pupuk kandang secukupnya, atau bisa menggunakan takaran 1 kg dan air secukupnya. Proses pemukukan hingga sampai 1-2 minggu atau sampai terdapat jentik jentik  nyamuk.
  1. Penebaran ikan lele
    Penebaran ikan lele untuk kapastias drum tidak lebih dari 100 ekor dengan ukuran 4-6 cm. Penebaran ikan diiringi dengan pemilihan bibit yang sehati dan tidak sehat atau mati. Pilih saja bibit yang aktif. Yang lemas dan mati dibuang saja, karena tidak akan bertahan lama di lingkungan baru. Cara penebaran didahului dengan teknik aklimatisasi, yakni penebaran secara perlahan agar ada penyesuaian suhu antara wadah bibit dan suhu kolam serta penebaran dilakukan pada waktu yang sedang, misal sore atau pagi hari.
Proses Pemeliharaan Ternak Ikan Lele dalam Drum Plastik

Pemberian Pakan

Pakan lele yang baik adalah pakan yang mengandung nutrisi lengkap dan mampu membuat ikan lele cepat besar. Artinya pakan lele harus seimbang, dari dari segi gizi, frekuensi pemberian dan jumlah kebutuhan per hari. Pakan lele bentuk konsentrat atau dikenal pelet banyak tersedia di toko peternakan atau perikanan. Sedangkan pakan pakan alami bisa dari limbah makanan, pupuk kandang, cacing, dll. Atau bisa meramu pakan pelet sendiri. Jumlah pemberian pakan lele disesuaikan dengan umur ikan lele. Jumlah ikan lele diberikan 4% dari berat ikan lele. Frekuensi pemberian ikan lele sebanyak 2 kali. Yakni ada pagi dan sore hari.

Pengaturan kebersihan Air

Hal penting lain selain adalah mengatur supaya air kolam selalu bersih dan nyaman buat ikan lele. Dalam usaha ternak lele dalam drum kemungkinan lebih sering membersihkan atau mengganti air kolam. Sebab kolam lele wadah yang kurang luas. Anda bisa menggantinya 1-2 kali seminggu atau jika sudah terlihat kotor.

Sortir lele

Sortir lele sering  kali dilupakan oleh peternak lele pemula. Padahal penyortiiran ternak lele sangat penting dalam menyeragamkan hasil panen ian lele nantinya. Tujuannya agar yang kecil tidak kalah saing dalam konsumsi pakan. Jadi perlu dipilih yang kecil dengan kecil, yang besar dengan yang besar.

Pemanenan

Kapan ikan dipanen? Ikan dipanen dalam 2bulan dengan berat 0,2-3 gram per ekor atau sesuai dengan permintaan konsumen.

Kunci Sukses = Telaten!

Tidak ada usaha yang berhasik keculai dilakukan dengan tekun dan telaten. Apalagi usaha ternak lele rumahan dalam drum plastik merupakan usaha berkaitan dengan maklhuk hidup yag tidak bisa bicara. Ketika lapar , sakit tdai bisa mengelur. Untuk itu kita harus teliti memelihara usaha ini agar bisa hidup sampai panen nantinya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *