Usaha Paling Laris Di Kampung Selain Warung Sembako

usaha paling laris di kampung
Memilih usaha paling laris di kampung agar menjadi pengusaha kecil di desa yang sukses

Memulai usaha kecil sebenarnya dapat dilakukan setiap orang dimana pun mereka tinggal. Tidak memerlukan latar belakang pendidikan yang tinggi dan tidak harus di kota yang ramai. Di kampung pun bisa. Mungkin sebagian besar orang kampung menganggap bahwa kehidupan di kota lebih baik. Tapi menurut saya tidak juga. Kalau urusan untuk mencari peluang usaha, tidak harus meninggalkan kampung halaman tercinta. Kemudian memenuhi ibukota yang sudah padat. Asal kita paham lingkungan, sebenarnya ada banyak peluang usaha di kampung yang bisa kita jalankan. Terlebih kondisi yang belum banyak pesaing, ada kesempatan usaha yang kita dirikan menjadi usaha paling laris di kampung.

Mirinya, tidak sedikit orang yang mencoba keberuntungan mencari pekerjaan di kota besar untuk mendapatkan upah yang layak. Mbok ya dipikir, sekalipun mendapatkan pekerjaan dengan upah besar tapi kan biaya hidup juga besar. Itu sama saja. Bukan saya tidak suka orang yang melakukan urbanisasi, tapi kalau datang ke kota tidak memiliki skill dan mental, paling paling jadi kacung. Lebih baik hidup di kampung dan mulailah mendirikan usaha walau hanya kecil kecilan. Jangan manfaatkan masa hidupnya jadi budak, kalau bisa jadi bos  kenapa tidak?

Mungkin kata kata saya dalam artikel ini sedikit kasar, tapi menurut saya hidup dikota itu lebih kasar, iya kan? Berbeda dengan hidup dikampung, orang orang masih bisa gotong royong dan saling membantu. Mungkin ada saatnya kalian yang bekerja dikota akan kembali ke kampung dengan membawa modal besar, kemudian mendirikan sebuah usaha yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sehingga generasi muda desa tidak perlu lagi ke kota untuk mencari peluang kerja.

Usaha Paling Laris Di Kampung Selain Warung Sembako

Warung sembako menjadi salah satu primadona usaha yang banyak dilakukan oleh masyarakat di kampung. Sebab usaha yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari hari ini mudah dijalankan. Cukup menyediakan tempat dirumah untuk berjualan, kemudian kulak berbagai bahan kebutuhan di pasar tradisional. Selanjtunya,  kalian hanya melayani pembeli secara ecer. Keuntungan per penjualan memang kecil, tapi karena barang yang dijual merupakan kebutuhan sehari hari jika dikalkulasikan per harinya bisa mencapai ratusan ribu, bahkan jutaan.

Bagi yang ingin membuka usaha warung sembako atau dikenal juga dengan istilah toko kelontong mungkin akan sedikit kesulitan mendapatkan tempat. Hal ini dikarenakan sudah banyak yang menjalaninya, walau masih sedikit kadang tingkat kepercayaan akan sangat bergantung pada tingkat penjualan. Jadi kalau dkira sudah banyak pesaing, kalian bisa mencari usaha paling laris laris di kampung selain warung sembako

Peluang Usaha Di Desa Terpencil, Jauh dari kota besar

Kalian yang tinggal atau ingin usaha di kampung terpencil seperti daerah pegunungan dan perbatasan mungkin bisa menjalani usaha usaha yang fokus pada penyediaan barang dan jasa yang tidak dijual disana. Umumnya daerah pegunungan atau daerah perbatasan sanngat terbatas akses informasi dari kota sehingga membuat kesulitan mendapatkna barang barang tertentu. Kondisi demikian bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis dengan beberapa jenis usaha dibawah ini, yang mungkin bisa kalian tiru:

1. Toko Pertanian, menyediakan pupuk, bibit, pakan ternak dan obat obat pertanian

Sebagian masyarakat yang jauh dari perkotaan umumnya mengandalkan usaha di bidang pertanian untuk mencukup kebutuhannya. Contoh contoh usaha pertanian yang sering digeluti adalah usaha tani padi, palawija dan budidaya ternak serta perkebunan. Semua proses kegiatan usaha tersebut tentu membutuhkan sarana produksi seperti pupuk, pakan, bibit dan obat obatan. Terkadang orang kampung membeli di pasar atau toko pertanian yang cukup jauh ditempuh. Kondisi semacam ini bisa kalian manfaatkan untuk membuka toko pertanian di wilayah tersebut.

2. Jualan Jajanan keliling, Siap saji harga murah

Hidup tinggal di kampung itu sangat jarang orang yang menjual makanan berupa jajanan yang siap di makan. Umumnya hanya menyediakan bahan bahan mentah. Kalau ingin jajan makanan siap saja biasanya orang kampung berlibur di kota kabupaten atau minimal kota kecamatan. Miris ya. Ya memang begitu kawan, kondisi demikian juga pernah saya alami waktu kecil, dimana sangat jarang orang yang menjual jajanan keliling seperti sekarang.

Ada banyak peluang usaha jajanan yang bisa dijual di wilayah desa terpencil. Mungkin kalian bisa meniru di kota yang sudah ada seperti jualan siomai, tahu bulat, bakso, mi ayam keliling dengan harga terjangkau. Hanya saja dalam menjalankan usaha makanan di desa perlu jemput bola, karena kondisi tidak dikampung yang tidak terlalu ramai. Harus mencari tempat dimana banyak anak anak berkumpul, misal taman bermain, sekolah dan balaidesa.

3. Usaha Jualan Barang Sistem Kredit

Sulitnya akses mendapatkan barang dan jasa, membuat sebagian besar masyarakat diwilayah perkambungan bingung. Untuk mendapatkan barang yang diinginkan,umumnya mereka pergi kekota hanya sekedar membeli barang barang elektronik, semacam kulkas, TV, HP dll. Kondisi demkian juga banyak dimanfaatkan oleh orang yang memiliki modal untuk menyedian barang barang elektronik yang susah dicari. Namun, kemampuan ekonomi yang rendah biasanya pelaku usaha menerapkan sistem kredit. Jika nilanya besar mungkin per bulan, kalau kecil bisa per hari.

Peluang Usaha Di Desa Berkembang

Usaha di desa berkembang dan di desa terpencil itu sedikit berbeda kawan, sebab desa berkembang  sudah terjamah teknologi canggih, hanya saja infrastruktur belum seperti perkotaan. Karena dalam posisi berkembang kebutuhan akan bahan pendukung pembangunan, dan akses informasi sangat dibutuhkan. Jadi sangat cocok untuk mendirikan usaha seperi dibawah ini

Usaha Toko Bangunan, Sedia Bahan Bangunan, Cat, dan alat listrik

Wujud perkembangan suatu wilayah adalah pembangunan. Pembangunan meliputi bangunan fisik, seperti rumah, sekolah, jembatan dan fasilitas umum. Proses perkembangan tersebut membutuhkan bahan material yang banyak. Kondisi ini bisa dimanfaatkan untuk mendirikan usaha toko bangunan dengan menyediakan berbagai bahan material bangunan seperti pasir, batu bata, batako, keramik, peraltan listrik, cat dll.

Keunggulan usaha ini adalah bahan bahan yang djual awet, tidak seperti makanan. Tapi mengenai modal usaha yang dibutuhkan, biaya mendirikan toko bangunan lumayan besar. Selian harus menyedian tempat cukup luas, bahan bahan bangunan sendiri juga nilanya tidak sedikit. Tapi biaya yang besar tersebut setara dengan potensi keuntungan besar yang bisa didapatkan nantinya.

Usaha Berbasis Komputer dan Internet, Jual kartu perdana internet dan layanan pembayaran tagihan bulanan.

Wujud lain perkembangan desa adalah akses informasi yang tak terbatas. Artinya masyarakat mulai mengenai perangkat teknologi informasi seperti komputer dan internet. Pengunaan beberasi komputer dan iternet yang berkembang tentu diringi dengan penggunaan kuota internet, listrik dan jasa jasa pembayaran lainnya.

Salah satu bentuk usaha untuk memenuhi pernggunaan komputer, hp dan internet adalah usaha konter yang menyedian kartu perdana internet, pulsa, game online, rental PS dan jasa pembayaran berbagai macam tagihan seperti listrik. Kalian bisa menjadikan satu paket usaha dalam satu tempat maupun memilih fokus pada salah satu penyediaan barang dan jasa tersebut.

Tetap mengikuti arus perkembangan

Dengan mengikuti arus perkembangan dan kondisi lingkungan, kalian bisa menciptakkan usaha paling laris di kampung tanpa harus menghadapi persaingan yang berarti. Namun perlu kalian ketahui, bahwa perkembangan dan pembanguan akan selalut terjadi. Jadi tidak menjamin usaha yang kalian dirikan akan laris dan bertahan lama.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *