Mau Usaha Makanan Ringan Serba 2000 Dengan Hasil Melimpah?, Kenali 6 Hal Berikut!

Usaha Makanan Ringan Serba 2000 – Mencari pekerjaan di era sekarang memang sangat sulit. Terkadang, meskipun sudah melamar pekerjaan disebuah instansi baik swasta maupun non-swasta, tapi tidak kunjung dipanggil. Bahkan, ketika sudah memasuki tahap wawancara pun tidak sedikit yang lolos seleksi ditempat yang didambakan. mengatasi hal tersebut, sebenarnya tidak perlu diambil pusing. Pepatah bilang, banyak jalan menuju roma. Maksudnya, untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari tidak hanya dilalui dengan bekerja pada perusahaan orang lain. Anda bisa mencari pekerjaan atau kesibukan sendiri dengan cara mendirikan sebuah usaha kesil kecilan, misalnya Usaha Makanan Ringan Serba 2000.

Apabila anda sering pergi ke pasar atau toko pusat oleh-oleh, anda bisa melihatnya sendiri betapa ramainya jenis usaha makanan ringan yang ditawarkan. Jika dilihat lebih teliti, sebenarnya makanan ringan terdiri dari 2 jenis saja, yaitu makanan ringan basah dan kering. Dari kedua jenis makanan ringan tersebut, yang paling banyak diminati semua golongan baik anak-anak maupun orang tua yaitu jenis makanan ringan kering. Banyak distribuor yang menyediakan makanan ringan dalam bentuk kiloan. Anda bisa mengolahnya kembali (remaker) dan memberi label makanan ringan serba 2000 atau terserah anda sendiri.

Usaha Makanan Ringan Serba 2000

Bagi anda yang hanya memiliki modal kecil atau pas-pasan, anda bisa melakukan jenis usaha makanan ringan ini karena terbilang cukup mudah. Sebagai contoh, anda membeli makanan ringan kiloan lalu anda kemas kembali dengan kemasan kecil dengan harga 1000-2000 saja. jenis makanan ringan yang dapat anda coba bisa berupa keripik singkong, kue sistik, mie lidi, lumpia, kelantik, kuaci, kacang-kacangan dan masih banyak lainnya.

Contoh kasusnya, anda membeli keripik singkong pada juragan atau produsen sebanyak 5 kilogram dengan harga Rp. 80.000,-. Kemudian anda bumbui kembali dengan bumbu balado atau sebagainya. Setelah diberi bumbu, kemas ulang dengan ukuran 100 gram (harga Rp. 2000,-). Berapakah keuntungan yang akan anda dapat nantinya?. Mari kita hitung bersama.

Diketahui:

Makanan ringan kiloan sebanyak 5 Kg = Rp. 80.000,-

Berat kemasan remaker 100 gram

Harga jual kemasan remaker Rp. 2000,-

Hitungan laba/rugi:

  • Jumlah kemasan remaker
    => 5 kilogram = 5000 gram
    => 5000 gram : 100 gram per kmasan = 50 kemasan
  • Jumlah pendapatan
    => jumlah kemasan x harga jual
    => 50 x Rp. 2000,-
    => Rp. 100. 000
  • Keuntungan
    => pendapatan – modal awal
    => Rp. 100.000 – Rp. 80.000
    => Rp. 20.000,- (Untung)

Catatan: Apabila anda menginginkan keuntungan yang lebih banyak, anda perlu menambah volume usaha anda. Karena dalam prinsip perdagangan, semakin banyak/tinggi volume (produksi) maka semakin tinggi pula pendapatan yang akan diperoleh.

Tips Agar Usaha Makanan Ringan Serba 2000 Mendapatkan Hasil Melimpah, Kenali 6 Hal Berikut!

  1. Pilih Produsen atau distributor terpercaya
  2. Fokus pada kualitas produk
  3. Survey pasar
  4. Segmentasi pasar atau pemilihan lokasi pemasaran
  5. Promosi produk
  6. Fokus Pada Strategi Pemasaran
Pilih Produsen atau distributor terpercaya

Memiliki sebuah usaha makanan ringan serba 2000 mungkin bisa dibilang sedikit mudah. Yang perlu anda lakukan adalah Pemilihan produsen atau distributor. Kenapa?, karena hal tersebut menjadi poin penting bagi anda agar mendapatkan hasil dagangan yang melimpah. Pemilihan produsen sulit untuk didapatkan karena menyangkut dengan kepercayaan seseorang. Kepercayaan bukan hanya diambil dari seberapa besar mereka bisa menyediakan barang (kekontinyuitasan) agar tersedia terus-menerus. Disamping itu, kepercayaan dalam penyediaan selagi belum ada modal bisa mengambil barangnya terlebih dahulu juga merupakan hal yang penting.

Tidak kalah pentingnya saat anda memilih distributor yang terpercaya adalah dari segi harganya yang mampu bersaing dengan lainnya. Pilihlah distributor dengan harga yang lebih miring agar nantinya anda bisa menjualnya kembali dan menumpangi harga yang lebih tinggi. Ingat, prinsip sebuah usaha perdagangan adalah modal sedikit tapi keuntungan yang didapatkan melimpah.

Fokus pada kualitas produk

Produk yang berkualitas adalah produk yang bermutu, artinya  tingkat baik dan/atau buruknya sebuah produk disesuai dengan kesesuaian yang telah ditentukan terhadap kebutuhan konsumen. Kriteria kualitas suatu produk dapat anda lihat dari kesesuaian, ketahanan, dan keindahan. Ketiga kriteria tersebut harus anda kuasai ketika anda membuka usaha makanan ringan serba 2000 agar tercipta suatu kepercayaan antara anda dengan konsumen. Dengan begitu, konsumen akan merasa puas dan berlangganan kepada produk yang anda tawarkan.

Survey pasar

Setelah tersedia produk dengan kualitas tinggi, tinggal saatnya anda untuk melakukan penjualan. Namun sebelum itu, disarankan bagi anda untuk survei pasa terlebih dahulu agar produk usaha makanan ringan serba 2000 yang anda jual bisa habis dalam jangka waktu yang cukup singat.

Segmentasi pasar atau pemilihan lokasi pemasaran

Pemilihan lokasi pasar sangat menentukan seberapa banyak produksi usaha makanan ringan serba 2000 yang akan anda jual. Coba anda pikirkan perbedaan antara jualan makanan ringan serba 2000 disekitar sekolahan SD dibandingkan dengan jualan makanan ringan serba 2000 di depan kampus besar. Tentunya akan sangat ramai jika anda menjualnya di depan atau disekitar kampus mengingat kemampuan daya beli dan minat yang sangat tinggi.

Promosi produk

Promosi merupakan suatu cara yang dilakukan oleh produsen dalam upaya memberitahukan atau menawarkan suatu produk/jasa dengan tujuan menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Sebuah produk usaha makanan ringan serba 2000 dapat anda lakukan melalui selebaran brosur agar disetiap sudut wilayah yang sedang anda tempati bisa  mengenal lebih dekat produk yang anda jual. Selain itu, untuk memperluas brand atau produk anda, anda dapat melakukan suatu promosi melalui media online. Banyak pemuda dan orang tua yang suka menggunakan facebook, Bbm, WhatsApp, dan lainnya. Gunakanlah media tersebut agar produk anda lebih cepat dikenal masyarakat.

Fokus Pada Strategi Pemasaran

Dalam sebuah bisnis terutama bisnis dagang, strategi pemasaran masuk ke dalam daftar penting agar usaha makanan ringan serba 2000 mendapatkan hasil yang melimpah. Strategi sebuah pemasaran tak lepas dari unsur-unsur berikut:

  • Konsistensi
    Merupakan nilai ketahanan atau ciri khas suatu produk.
  • Perencanaan
    Pada sebuah usaha dengan skala kecil, perlu adanya sebuah perencanaan. Oleh karena itu, luangkanlah waktu untuk merencanakan sebuah strategi marketing yang efektif, besar anggaran yang dibutuhkan, serta konsep lainnya agar usaha yang Anda jalankan dapat berkembang dengan pesat.
  • Strategi
    Merupakaan  konsep dasar dari sebuah marketing untuk keberlanjutan sebuah bisnis atau usaha.
  • Anggaran
    Merupakan hal yang sangat sensitif untuk dibahas. Sebab dari anggaranlah Anda dapat menentukan besarnya biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pemasaran.
  • Managemen Hubungan dengan konsumen
    Merupakan teknik yang dilakukan untuk menciptakan konsumen yang loyal dan konsisten. Disini anda dapat menerapkan keterikatan antara Anda dengan konsumen dengan cara membuat kartu member dan memberikan diskon pada member Anda.
  • Branding (Nama produk, logo perusahaan/produsen, dan lainnya)
    Sebuah usaha tentu membutuhkan brand mulai nama produk, logo serta lainnya agar lebih cepat dan mudah dikenal oleh masyarakat.
Kesimpulan

Usaha makanan ringan serba 2000 di era sekarang memang masih memiliki prospek yang sangat menguntungkan jika anda menekuninya dengan sepenuh hati terutama dalam hal pemasaran. Disamping itu, juga perlu adanya daya kreatif yang disesuaikan dengan zamannya agar produk yang diciptakan merupakan produk yang kekinian. Asalkan yakin, meskipun usaha makanan ringan serba 2000 modal yang dikeluarkan kecil, pasti bisa meraaup keuntungan jutaan bahkan anda bisa kewalahan melayani permintaan konsumen.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *