Peluang Usaha Es Kepal Milo Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan

usaha es kepal milo
usaha es kepal milo

Salah satu usaha rumahan yang lagi trend saat ini adalah usaha es kepal milo. Usaha ini termasuk ke dalam usaha kecil yang menjanjikan. Tentu kalian tahu bahwa bisnis es merupakan jenis usaha modal kecil untung besar yang dapat dilakukan oleh semua kalangan. Namun, sebelum kalian terjun pada usaha ini, disarankan terlebih dahulu agar kalian memahami mulai dari bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan es kepal milo hingga analisis usaha supaya tidak mengalami kerugian yang berkepanjangan.

Usaha Es Kepal Milo

Banyak buku edaran yang sudah menulis berbagai resep disertai dengan biaya yang harus dikeluarkannya. Salah satu dari kalian mungkin sudah memiliki bahkan sudah membacanya hingga selesai dan dibaca lagi dari halaman pertama. Terlepas dari buku tulis, disini kami akan memberitahu kepada Kalian mengenai usaha es kepal milo secara sederhana bagi pemula agar mudah dipraktikkan langsung tanpa mumet mikirin ini dan itu. Biasanya, orang yang kebanyakan mikir ujung-ujungnya mau menjalankan usaha malah diurungkan. Solusi mau berusaha bukan dipikir. Tapi direncanakan dan dijalankan. Berikut penjelasan mengenai pembuatan hingga perhitungan analisis es kepal milo:

Bahan-bahan membuat Es kepal Milo beserta alat-alatnya

Alat yang digunakan dalam proses pembuatan es kepal milo adalah:

  1. Meja/Booth
  2. Mesin Serut Es
  3. Spanduk
  4. Mixer
  5. Termos Coklat
  6. Toples Toping
  7. Termos ICE
  8. Tempat Sedotan + Sedotan
  9. Tatakan Sendok Coklat
  10. Spatula Plastik
  11. Keranjang sendok + sendok
  12. Sendok Toping Stainles
  13. Centong Pengepel Es
  14. Centong Coklat Pekat Teflon
  15. Kain Lap
  16. Baskom
  17. Gelas Takar
  18. Cup Paper Bowl Cup + Tutup
  19. Banner/Papan Promo

Bahan yang sering digunakan dalam pembuatan es kepal milo meliputi:

  1. Coklat Es Kepal Milo (Es Kepal Rehe)
  2. Kacang Halus (Es Kepal Rehe)
  3. Mesis Cerres
  4. Oreo Bubuk (Es Kepal Rehe)
  5. Susu Kental Manis
  6. Spingkel (Es Kepal Rehe)

Cara membuat Es kepal Milo

Sebelum membuat es kepal milo, ada baiknya semua alat disterilkan atau dibersihkan terlebih dahulu agar konsumen yang akan beli di lapak Anda lebih tertarik. Cara membuat es kepal milo yaitu:

  1. Membuat saus milo
    Langkah pertama ini cukup mudah. Kalian tinggal mencampurkan coklat bubuk beserta bubuk milo. Aduk hingga rata. Kemudian, masukkan susu kental manis dan aduk hingga tercampur homogen.
  2. Persiapan Topping
    Topping dibuat menggunakan mesis cerres, kacang halus, dan bubuk milo. Jika perlu tambahkan potongan biskuit milo yang dipecah-pecah sesuai selera.
  3. Siapkan serutan es
    Serutlah es menggunkan Mesin Serut Es hingga benar-benar hancur. Setelah itu pindahkan ke mangkuk atau cup yang sudah disiapkan dan bentuklah es dengan cara dikepal-kepalmenggunakan sendok hingga bulat.
  4. Cara menyajikan es kepal milo
    Semua bahan yang sudah disiapkan dicampurkan menjadi satu. Caranya, tuangkan saus milo di atas es yang sudah dibentuk sedemikian rupa kemudian taburkan topping yang telah dibuat. Penaburan toping dianjurkan dari yang bentuknya paling besar misalnya biskuit milo, kacang halus, lalu mesis cerres.

Bagaimana agar es kepal milo digemari banyak pembeli?. Caranya gampang. Buatlah es kepal milo yang unik sesuai ciri khas lapak Anda. Selain itu, turutilah kemauan pembeli. Jika pembeli minta ditambah bahan yang lain, lakukanlah. Karena bagaimanapun juga pembeli adalah raja bagi penjualnya.

Modal Usaha Es kepal Milo

Berbicara tentang modal mungkin sangat riskan apalagi bagi Anda yang baru akan memulai suatu usaha es kepal milo. Karena, dilihat dari alat dan bahan yang begitu banyak tentunya membuat Anda sibuk mencari ke berbagai pasar, toko, atau supermarket. Tapi jangan khawatir, sekarang ini banyak penyedia jasa yang menjual paketan mengenai usaha es kepal milo. Oleh karena itu, Anda harus pintar dalam memilih jasa tersebut agar mendapatkan harga yang lumayan murah terlebih Anda baru pemula menjalani sebuah usaha.

Sebenarnya, es kepal milo hanya membutuhkan modal yang lumayan terjangkau mengingat pendapatan yang didapatkan nantinya. Es kepal milo termasuk ke dalam usaha kecil kecilan dimana usaha franchise makanan dingin ini hanya membutuhkan modal maksimal 5-10 juta. Mahal?, jangan salah. Dibawah ini kami jelaskan ilustras perhitungan analisis mengenai usaha es kepal milo.

Analisis usaha es kepal milo

Untuk hitungan laba-rugi sebuah usaha es kepal milo kita gunakan asumsi perhitungan BEP (Break Event Point) dimana untuk mengetahui titik impas (angka netral) tidak untung, juga tidak mengalami rugi.

Cara menghitung BEP (Break Event Point) adalah sebagai berikut:

Contoh:

Pak Slamet membuka lapak untuk jualan es kepal milo di depan salah satu minimarket didekat rumahnya. Beliau setiap hari mengeluarkan biaya dan menjual dagangannya dengan rincian antara lain:

  1. Biaya produksi tiap cup sebesar Rp. 7.830,-
  2. Harga jual 1 cup sebesar Rp. 12.000,-

Asumsi perhitungan laba-rugi Usaha milik Pak Slamet yaitu:

Analisis usaha es kepal milo
Analisis usaha es kepal milo (Sumber: kemitraan eskepalmiloindonesia)
Analisis usaha es kepal milo
Analisis usaha es kepal milo (Sumber: kemitraan eskepalmiloindonesia)

Dilihat dari ilustrasi di atas, antara total penjualan dengan pengeluaran, usaha kecil kecilan atau usaha rumahan jenis franchise makanan ini sangat prospek untuk usaha dengan modal  kecil dihasilkan laba bersih sebesar Rp. 8.542.000,-

Kesimpulan

Apabila Anda ingin memulai suatu usaha, jangan terlalu banyak berfikir tentang modal. Ingat, modal sudah ada di kepala Anda. seperti yang sudah kami sebutkan, Peluang Usaha es kepal milo merupakan salah satu usaha yang menjanjikan terlebih usaha rumahan yang lagi trend saat ini adalah usaha es kepal milo. Mulai dari sekarang, langsung saja tentukan lokasi jualan dan berkaitan dengan modal, kami percayakan pada Anda. Modal bisa kembali dalam kurun waktu 2-3 bulan jika Anda benar-benar serius menjalankan usaha franchise makanan dingin ini. Semoga apa yang kami uraikan disini bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda. Salam sukses dan mari berwirausaha.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *