Kandang Ternak Lovebird Yang Baik, Simpel, Dan Hemat Ruang.

Kandang ternak lovebird yang baik
Kandang ternak lovebird yang baik

Kandang ternak lovebird yang baik merupakan satu hal yang sangat penting bagi semua pecinta jenis ternak baik itu ternak hobi maupun ternak konsumsi. Fungsi kandang selain sebagai tempat berteduh juga memiliki fungsi sebagai tempat berkembangbiak, mempercantik kecantikan burung lovebird dan juga sebagai tempat melatih kicau burung ketika akan mengikuti suatu kompetisi kicau burung. Hingga sekarang, burung kicau jenis lovebird masih sangat diminati oleh pecinta burung kicau sehingga kebutuhan kandang yang diimbangi dengan jumlah burung lovebird selalu meningkat.

Saat kita akan membuat ataupun membeli kandang ternak lovebird, hendaknya kita memilih tujuan utama dari pengadaan kandang tersebut. Tujuan pengadaan kandang tersebut diantaranya meliputi: Berapa ekor burung lovebird yang akan kita pelihara?. Apakah burung lovebird hanya sebagai hiasan rumah saja?. Atau, tujuan kita memelihara burung lovebird untuk dibudidayakan/dikembangbiakkan?.

Setelah menentukan tujuan pembuatan kandang, sekarang saatnya membuat kandang. Namun disini saya tidak akan membahas bagaimana cara membuat kandang ternak lovebird melainkan akan membahas kandang ternak lovebird yang baik itu seperti apa. Karena kandang memiliki peran penting dalam keberhasilan suatu usaha ternak lovebird terutama dalam hal budidaya.

Kandang Ternak Lovebird Yang Baik

Berdasarkan dari beberapa artikel yang sudah saya baca, ada berbagai kandang lovebird yang harus kita ketahui selaku peternak burung kicau jenis lovebird. Apa sajakah jenis-jenis kandang tersebut?. Berikut adalah ulasan yang dapat saya sampaikan.

  • Kandang Lovebird Untuk Umbaran

Kandang lovebird umbaran ini biasanya digunakan sebagai tempat olahraga bagi burung lovebird. Alasan kenapa burung lovebird perlu olahraga adalah agar burung lovebird memiliki kondisi fisik yang sehat. Selain itu juga berfungsi sebagai suatu proses agar burung lovebird tidak terlalu gemuk karena kandungan lemak dalam tubuhnya berkurang. Dan yang paling penting kenapa burung lovebird harus melakukan olahraga adalah untuk melatih pernafasan agar kicauan yang dihasilkan menjadi panjang dengan suara yang melencing.

Kandang umbaran selain sebagai tempat olahraga bagi burung lovebrd, juga digunakan sebagai media atau tempat pencarian jodol. Berbeda dengan manusia kalo mau mencari jodoh karena terlalu lama menjomblo kudu atau harus ikut-ikutan acara TV “take him out/ take me out”, burung lovebird akan mencari jodohnya masing-masing di dalam kandang umbaran tersebut. Dengan menggunakan kandang ini, kita akan dimudahkan dalam memilih atau menyeleksi calon induk yang bagus untuk dibudidayakan. Biasanya, Kandang umbaran dibuat dengan ukuran panjang 3 meter, lebar 1,5 meter dan tinggi sekitar 2 meter. Ukuran disesuaikan dengan lokasi dimana kandang tersebut kan didirikan.

  • Kandang Lovebird Untuk Perjodohan

Kandang perjohohan disediakan setelah ternak lovebird yang sudah memilih jodohnya di dalam kandang umbaran. Kandang perjodohan ini fungsinya adalah mempermudah kalian dalam pemantauan proses penjohohan serta mempermudah dalam proses kawin (tidak diganggu burung lainnya). Ukuran yang ideal dalam pembuatan kandang perjodohan biasanya adalah 60 cm x 40 cm x 40 cm. Bahan yang digunakan untuk pembuatan kandang biasanya menggunakan bahan alumunium dan kawat streem atau bisa menggunakan kerangka kayu dan penutupnya menggunakan kawat streem.

  • Kandang Lovebird Untuk Bertelur Dan  Penetasan

Kandang lovebird yang digunakan untuk bertelur memiliki bentuk yang lebih kecil dibandingkan dengan kandang perjodohan. Biasanya, kandang ini diletakkan di dalam kandang perjodohan. kandang bertelur biasa disebut dengan glodok. Glodok merupakan satu hal yang penting karena setelah burung lovebird menemukan jodohnya, disinilah dia akan melakukan segala aktifitas seperti kawin, bertelur, mengerami hingga meloloh anaknya. Pada saat burung lovebird mengerami telurnya diusahakan jangan mengganggunya ya. Sebab jika diganggu, burung lovebird nantinya akan mengalami stres dan telurnya tidak akan berkembang.

Glodok dapat sobat buat sendiri dengan menggunakan kayu agar biaya pengeluaran lebih murah. Nah berikut ini beberapa hal penting apabila sobat akan membuat glodok untuk ternak lovebird:

  1. Glodok dibuat dengan ukuran panjang 20-30 cm, sedangkan lebarnya 15-20 cm.
  2. Lubang glodok dibuat dengan ukuran sekitar 4-7,5 cm
  3. Tabur merang/sekam ke dalam kandang glodok yang telah sobat buat.
  4. Sediakan ranting atau bisa juga dengan menggunakan koran di luar kandang glodok sebagai bahan persediaan pembuatan sarang oleh burung love bird.

Perlu kalian ketahui dan kalian ingat bahwa ternak lovebird tidak semua betina mau mengerami telurnya. Ternak lovebird betina yang baru pertama kali bertelur, belum tentu telur yang dikeraminya akan menetas. Hal tersebut bisa terjadi karena burung lovebird belum siap bertelur atau karena faktor eskternal lainnya seperti suhu dan cuaca.

  • Kandang Lovebird Untuk Perlombaan

Mungkin jenis kandang ini sudah tidak asing lagi bagi sobat. Ya, kandang lovebird untuk perlombaan didesain dengan bentuk tabung bulat maupun berbentuk kotak tergantung dari selera sobat. Kandang atau sangkar untuk perlombaan memang sengaja dibuat dengan bahan terbaik dan tentunya berkualitas. Selain daripada berkualitasnya, burung lovebird yang akan dilombakan tentunya untuk memenuhi gengsi dan rasa percaya diri jika menggunakan kandang yang terlihat keren.

Kandang ternak lovebird untuk perlombaan sudah banyak dijual di beberapa tempat terutama di pasar burung. Contoh kandang perlombaan misalnya ebod jaya, BNR, navo, raja, dan lain sebagainya. Harga yang ditawarkan pun bervariasi san tentunya lain jenis lain pula harganya. Apabila sobat ingin mendapatkan kandang dengan bahan-bahan terbaik dan kualitasnya keren, sobat perlu menyiapkan uang sebanyak 650-800 ribu. Apakah harga segitu termasuk tinggi bagi sobat?. Banyak dari mereka para pengusaha kaya yang memakai sangkar untuk perlombaan terbuat dari campuran emas untuk gantungannya. Dan tentunya harganya mencapai jutaan bahkan puluhan juta.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *