Kandang Ayam Jawa Super Yang Baik, Hemat Lahan

Kandang Ayam Jawa Super
Kandang Ayam Jawa Super

Kandang ayam jawa super dikatakan baik apabila mampu memberikan kenyamanan bagi ternak. Itu yang terpenting. Kenyamanan ternak dapat ditandai dengan pergerakan ternak yang aktif, terhindar dari penyakit dan bisa memperoleh produksi yang maksimal. Untuk itu, penting untuk disimak bagaimana membangun kandang ayam yang baik namun hemat lahan.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda terutama bagi peternak pemula mengenai kandang ayam jawa super yang baik, hemat lahan. Pada artikel sebelumnya yaitu cara beternak ayam jawa super 2-3 bulan panen sudah disebutkan bahwa ada 4 tipe bentuk kandang yang nantinya akan kita bahas satu per satu.  Dari ke 4 tipe tersebut, dapat dipilih tipe kandang seperti apa yang sesuai dengan kondisi lingkungan anda.

Kandang Ayam Jawa Super Yang Baik, Hemat Lahan

Sebelum membahasnya, ada berbagai hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembuatan kandang:

  • Kandang dibangun jauh dari pemukiman penduduk
  • Bahan pembuatan kandang banyak tersedia disekitar lingkungan kandang atau minimal mudah dicari dan harganya murah
  • Tersedia sumber air yang melimpah
  • Dekat dengan jalur transportasi
  • Dekat dengan penyedia sarana dan pra-sarana
  • Pembuatan kandang diusahakan menghadap ke timur-barat
  • Lantai kandang dibuat agak tinggi agar kandang tetap kering
  • Pembuatan ventilasi kandang dibuat sedemikian rupa agar sirkulasi udara lancar dan kandang terhindar dari bau yang menyengat seperti bau amoniak

4 Tipe kandang ayam jawa super

  1. Kandang tipe postal
  2. Kandang tipe battery
  3. Kandang tipe panggung
  4. Kandang tipe  pagar
Kandang ayam jawa super tipe postal

Kandang ayam jawa super tipe postal sering juga disebut dengan kandang litter (sekam). Kandang tipe jenis ini menggunakan litter sebagai alas kandang. Biasanya, ketebalan litter yang digunakan para peternak antara 5-8 cm tergantung dari tingkat kepengapan kandang.

Kelebihan:

  • Biaya yang dikeluarkan dalam pembuatan lebih sedikit
  • Meminimalisir cacat fisik ternak seperti kaki terperosok
  • Dapat digunakan untuk semua jenis ayam (broiler, petelur, ayam jawa super, dll)

Kekurangan:

  • Gas amoniak yang ditimbulkan sangat tinggi
  • Membutuhkan biaya mahal dalam pergantian litter
  • Riskan terhadap penyakit cacing, coccidiosis, CRD, dapat menampung volume ayam dalam jumlah sedikit.

Hal yang harus dilakukan/diperhatikan agar ayam selalu dalam kondisi sehat yaitu sering melakukan pembalikkan sekam, pergantian sekam minimal 2 x 1 minggu, pembuatan sirkulasi udara yang baik, peyemprotan desinfektan setiap 1 minggu sekali.

Kandang ayam jawa super tipe Battery

Kandang ayam tipe jenis ini sangat cocok digunakan untuk ayam petelur meskipun dapat juga digunakan untuk ayam jawa super. Bentuk dari kandang tipe battry yaitu berbentuk kotak-kotak dan pada tiap kotak berisi 3-4 ekor ayam.

Kelebihan:

  • Dapat terhindar dari sifat kanibalisme ayam
  • Tidak ada persaingan pakan
  • Memudahkan dalam proses pengendalian penyakit.

Kekurangan:

  • Biaya yang dibutuhkan dalam pembuatan kandang sangat mahal
  • Ayam tidak dapat bergerak dengan bebas
  • Tidak cocok untuk ayam pedaging karena pertumbuhan badan dapat terganggu.
Kandang ayam jawa super tipe Panggung

Kandang panggung sering disebut dengan kandang slat. Kebanyakan dari kita sudaah sangat sering melihat kandang jenis ini. Bahkan salah satu dari anda mungkin ada yang pernah masuk ke dalamnya. Tapi, kandang ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan seperti jenis kandang yang sudah dijelaskan di atas.

Kekurangan:

  • Penyebaran penyakit sangat mudah
  • Biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan kandang sangat mahal
  • Lebih riskan terhadap terpaan angin
  • Sering terdapat ayam memar-memar karena terperosok.

Kelebihan:

  • Sirkulasi usara lumayan baik
  • Gas amoniak yang ditimbulkan tidak terlalu tinggi
  • Ayam terlihat lebi bersih
  • Kotoran bisa langsung jatuh ke bawah kandang

Disarankan bagi peternak yang menggunakan kandang ayam panggung agar membangun kolam ikan di bawah kandang agar sisa pakan dapat digunakan sebagai pakan ikan. Selain sisa pakan ayam, juga memudahkan dalam pembuangan bangkai ayam untuk dijadikan pakan ikan. Jenis ikan yang biasanya dipelihara yaitu ikan lele

Kandang ayam jawa super tipe Pagar

Kandang ayam tipe ini biasa disebut dengan kandang tipe semi intensif dimana tipe kandang dibuat dengan menyesuaikan sistem pemeliharaannya. kandang ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang sangat signifikan diantaranya ialah:

  • biaya yang dikeluarkan dalam proses pembuatan kandang sedikit
  • pakan yang diberikan lebih irit karena ayam akan memilih pakan yang ada di lahan umbar
  • membutuhkan lahan/tanah yang sangat luas
  • mampu menampung jumlah ternak dengan populasi yang besar
  • dapat digunakan untuk berbagai jenis unggas khususnya ayam.
Volume kandang ayam jawa super

Sebagai peternak, selain mengetahui ukuran kandang, juga harus mengetahui kapasitas volume kandang. Tuhuannya yaitu tingginya suhu di dalam kandang akibat kapasitas volume kandang yang berlebihan. Appabila volume kandang berlebih, otomatis ayam akan merasa kepanasan sehingga mengakibatkan konsumsi pakan menurun dan konsumsi air menjadi meningkat. Dengan kondisi seperti itu maka ayam pedaging yang dipelihara khususnya ayam jawa super tidak akan mengalami pertumbuhan bobot badan secara drastis.

Penentuan kepadatan kandang didasarkan pada kenyamanan dan keamanan baik itu bagi ternak maupun pelaku usaha (peternak). Oleh karena itu, perlu adanya pengaturan jumlah populasi dalam kandang yang didasarkan pada jumlah dan tingkatan umur agar dapat menghindari kondisi ayam yang stres. Berdasarkan jumlah dan tingkatan umur, kepadatan kandang dapat diatur dengan cara sebagai berikut:

  1. Ayam umur 0-21 hari (fase starter) disarankan menggunakan luas kandang dengan ukuran 1m x 1m x 40 cm untuk 30 ekor anak ayam
  2. Ayam umur 22-40 hari (fase grower) disarankan menggunakan luas kandang dengan ukuran 1m x 1m x 60 cm untuk 15 ekor ayam
  3. Ayam umur 41-panen (fase finisher) disarankan menggunakan luas kandang dengan ukuran 1m x 1m x 40cm untuk 8 ekor ayam.

Untuk ukuran kandang yang digunakan disesuaikan dengan kondisi lahan yang telah ditentukan sebagai lokasi pembuatan kandang.

Perlengkapan kandang ayam jawa super

Perlengkapan kandang tidak semata-mata hanya ada tempat pakan dan tempat air minum saja. Perlengkapan kandang disediakan dengan tujuan untuk memperlancar semua kegiatan selama proses produksi. Peralatan dan perlengkapan kandang yang harus tersedia di dalam kandang adalah sebagai berikut:

  1. Tempat pakan ayam
    Batas penggunaan tempat pakan didasarkan pada umur ayam agar tidak mengeluarkan banyak biaya. Kapasitas penggunaan tempat pakan untuk ayam fase starter (umur 1-21 hari) adalah 40 ekor/1 buah tempat pakan. Untuk fase grower (umur 22- 40 hari) menggunakan kapasitas 25-30 ekor/1 buah tempat pakan. Dan untuk fase finisher (umur 40hari-panen) menggunakan kapasitas 10-15 ekor/ 1 buah tempat pakan.
  2. Tempat air minum
    Sama seperti tempat pakan, batas penggunaannya juga berdasarkan umur ayam. Kapasitas penggunaannya juga sama persis seperti penggunaan tempat pakan yang sudah dijelaskan di atas.
  3. Tempat penyimpanan pakan
    Tempat penyimpanan pakan/gudang disarankan diletakkan pada kandang bagian depan atau pada bangunan terpisah tujuannya agar terhindar dari pencemaran kotoran ayam dan tidak mengganggu selama aktifitas produksi.
  4. Tempat bertengger (jika diperlukan)
    Sifat alami ayam jawa super hampir sama seperti ayam kampung biasa yaitu sangat senang bertengger.
  5. Penerangan kandang
    Aktifitas selama produksi bisa saja memakan waktu hingga malah hari terutama pada masa ayam baru masuk kandang. Oleh karena itu penerangan kandang sangat diperlukan selain karena kegiatan produksi hingga malam juga jika cuaca berubah mendung.
  6. Penampung air
    Penampung air disediakan agar kebutuhan air ketersediaan air terjamin. Selain dari itu, juga agar air yang diberikan kepada ternak ayam sudah bersih karena sudah mengalami pengendapan kotoran yang berasal dari dalam tanah.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *