Contoh Bisnis Yang Laku Setiap Hari, Bisa Cepat Kaya Mendadak!

contoh bisnis yang laku setiap hari di bidang makanan
contoh bisnis yang laku setiap hari di bidang makanan (tempo.co)

Ada kalanya membangun bisnis membutuhkan waktu untuk menikmati hasil keuntungannya. Ada yang harus menunggu mingguan, bulanan , bahkan tahunan.  Jika posisinya adalah bisnis kecil kecilan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari tentu bukanlah pilihan yang tepat. Kita sebagai pelaku usaha harus tepat memilih jenis bisnis yang laku setiap hari agar keuntungan bisa dinikmati untuk makan besok. Kalau tidak, anak istri mau dikasih makan apa? Batu?

Mungkin bagi yang memiliki gaji tetap  seperti ASN (aparatur sipil Negara) atau karyawan tetap di sebuah perusahaan bisa mengatur keuangan per hari. Tapi tidak bagi pelaku usaha kecil. Sebab penghasilan tidak menentu setiap harinya. Usaha dagang tidak mesti cepat laku atau habis. Apalagi ditambah persaingan antar pedagang sejenis yang mungkin membuat tingkat penjualan berkurang. Belum lagi kebutuhan mendadak lainnya yang bisa mengurangi skala produksi. Ya. Itulah bisnis.

Pilih Jenis Bisnis Yang Cepat Laku setiap hari, Ini Indikatornya!

Kira kira jualan apa yang cepat laku di kampung atau kota ya? Untuk menjawab pertanyaan itu sebenarnya gampang. Pertama yang harus kalian lakukan adalah kenali jenis kebutuhan masyarakat target pembeli. Kedua, priotitas kebutuhan. Dan ketiga, fokus jualan pproduk tertentu. Penjelasan ketiga tahap mencari peluang bisnis yang menghasilkan uang setiap hari bisa kalian baca dibawah ini:

1. Jenis Kebutuhan Masyarakat

Pembahasan ini mungkin, kita akan kembali lagi ke pelaharan SD mengenai Jenis jensi kebutuhan berdasarkan intensitas atau tingkatan. Ada tiga jenis kebutuhan, yakni kebutuhan primer, sekunder dan tersier.

  1. Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi agar manusia bertahan hidup secara layak. Kebutuhan ini termasuk kebutuhan alami yang menyangkut biologis, fisiologi dan morfologis. Kebutuhan ini dibutuhkan setiap hari. contoh; sandang,pangan,papan.
  2. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan pelengkap tingkat kedua yang fungsinya untuk meningkatkan kenyamanan manusia atau mempermudah pekerjaan manusia. Contoh; kipas angin, radio, tv,meja kursi, kendaraan dll
  3. Kebutuhan tersier adalah kebutuhan manusia akan barang barang mewah. Seperti mobil, perhiasan, helikopter pribadi dll.
2. Prioritas kebutuhan

Berdasarkan pada point penjelasan tentang jenis kebutuhan. Kita bisa melihat jenis kebutuhan yang inntensitasnya dibutuhkan sehari hari, yakni kebutuhan primer. Kebutuhan primer terdiri atas sandang, pangan dan papan. Dari ketiga jenis tersebut ada prioritas yang dharus dibutuhkan setiap hari. Yakni Pangan. Pangan atau makanan harus dipenuhi manusia setiap kali lapar. Artinya jika anda menjalani bahan atau kebutuhan makanan bisa menjadi bisnis yang cepat laku setiap hari.

Kebutuhan makanan manusia terbagi menjadi tiga, yakni bahan kebutuhan pokok atau lebih dikenal  Sembilan Bahan Pokok (Sembako), makanan siap saji dan aneka jajanan atau makanan ringan. Kalian bisa fokus ke jenis makanan tersebut jika ingin jualan yang laris dan menghasilkan uang setiap hari.

3. Fokus jualan pada satu kebutuhan

Jadi apa pilihanmu apa? Mau kebutuhan pokok, makanan siap saji atau makanan ringan? Semuanya dibutuhkan setiap hari hari oleh manusia. Jika  memang masing bingung bentuk usaha seperti apa. Kita kenali contoh usaha kecil kecilan yang sudah ada. Misal nih, kalau jualan sembako sudah pasti mendirikan warung sembako, atau minimal toko kelontong. Dengan fokus salah satu produk tersebut kalian bisa cepat menguntungakn. Sebab perputaran modal cepat kembali.

Contoh Contoh bisnis yang laku setiap hari di bidang makanan atau kuliner

Dai jenis jenis kebutuhan makanan yang saya paparkan pada sub bab indikator usaha, tentu ada usaha yang laris, laris banget dan kurang laris. Kita perlu mengambil peluang usaha paling laris agar bisnis cepat laku setiap hari. Kita bisa analisa usaha makanan tersebut dengan mengambil contoh contoh peluang usaha yang ada. Tidak harus sebuah bisnis baru yang mungkin jarang pesaing. Pelaku usaha cukup memberikan layanan terbaik dari yang sudah ada (pesaing). Berikut contoh bisnis yang cocok untuk kalian yang sambil ingin memenuhi kebutuhan pokok harian:

Warung Sembako

Sembako adalah kebutuhan harian setiap manusia, terutama ibu rumah tangga yang memasak bagi keluarga tercintanya. Sembako ini terdiri dari beras, gula, minyak, daging, telur, bumbu dapur yang sangat dibutuhkan setiap hari. Rugi sekali kalau meninggalkan kesempatan menjual berbagai jenis sembako dalam bentuk usha warung sembako ini. Sebab keuntungannya bisa dapat setiap hari dan bisa untuk jangka panjang. Terlebih didaerah sekitar kalian masih belum banyak usaha warung sembako. Memulai usaha warung sembako bisa jadi solusi.

Keuntungan jualan sembako tidaklah dari segi keuntungannya. Usaha sembako tidak harus dimulai dari modal besar. Usaha toko sembako dirumah modal kecil dengan minim 5 juta bisa kalian lakukan. Jangan takut usaha sembako itu tidak laku. Sebab sembako dibutuhkan setiap hari.

Usaha Warung Makan

Jika sebelumnya adalah menjual bahan makanan. Pada contoh bisnis yang  laku setiap hari satu ini, kita ambil contoh usaha warung makan siap saji. Meski ada resiko tidak laku, rugi karena tidak bisa dijual kembali. Namun usaha warung makan laris dan cepat habis, asalkan berjualan ditempat yang tepat. Kita bisa menjual ditempa tempat strattegis, dimana tempat tersebut diditinggal oleh sebagian orang perantauan, pekerja, mahasiswa atau daerah perkotaan yang padat penduduk.

Tidak semua masyarakat sanggup atau punya waktu memasak sediri. Jadi menyajikan makanan siap saji bisa jadi bisnis menguntungkan. Contohnya mahasiiswa atau anak kost yang hanya sepetak untuk kamar, tidak punya perlatan masak. Tentu mereka mengandalkan warung makan setiap hari.

Usaha Pecel Lele

Salah satu jenis makanan siap saji yang laris manis di Indonesia adalah warung pecel lele. Kenapa? Saya juga tidak tahu kenapa, kok bisa ya laris banget. Mungkin enak atau ada khas rasa lele.  Tapi saya sendiri juga sering makan pecel lele. Yang pasti bisnis warung pecel lele ini menguntungkan dan bisa menjadi andalan kebutuhan setiap harinya. Usaha ini tidak terlalu riebt sebenarnya kawan. Asal kita sudah tahu suplier lele hidup untuk stok usaha. Diluar itu mungkin kalian bisa menikmati bisnis ini dengan mudah. Hanya saja perlu kalian tambahkan dan catat baik baik. Yakni rasa khas sambalnya. Kalau kesusahan stok kalian bisa nyambi usaha ternak lele sekalian untuk suplai sendiri biar lebih irit.

Usaha Roti Bakar Aneka rasa

Dari jenis jajanan atau makanan ringan, mungkin anda bisa mencoba usaha toko roti bakar di pinggir jalan. Usaha kaki lima ini sangat laris, terutama saat sore sampa malam hari. Tadinya mungkin roti hanya sebuah makanan yang dipandang biasa saja, namun berkat kemajuan teknologi lah yang membuat roti di olah dengan berbagai aneka rasa, seperti roti bakar. Mungkin di barat, roti sudah menjadi makanan pokok di tapi diIdonesia adalah jajanan kaki lima yang enak dan gurih.

Usaha roti abark dari segi modal tidak terlalu besar. Hanya dengan gerobakseperangkat alatnya dan bahan roti tawar kalian bisa mulai jualan ditempat ramai. Bisa dipinggir jalan, alun alun dan depan mall. Coba deh sekarang.

Pilih salah satu, dan fokus jualan.

Sebetulnya memang banyak peluang bisnis yang laku setiap hari tapi bukan berarti diambil semuanya. Cukup pilih salah satu dan tekuni.  Jalani dengan istiqomah. Sebab unsur kesukseskan bukan hanya faktor teknis menjalankan usaha dengan baik, tetapi masalah kesiapaan rohani akan rezeki yang kita terima.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *