Bisnis Roti 1000an Untuk Usaha Sampingan Di rumah

Berbisnis nampaknya kini menjadi salah satu tren baru di masyarakat kita. Kalau dulu, berbisnis mungkin identik dengan modal besar dan bisnis besar macam cafe atau resto atau membuat sebuah perusahaan besar, kini berbisnis menjadi semakin easy. Kita bahkan bisa lho membuat bisnis tanpa modal. Dengan semakin berkembangnya teknologi, bukan tidak mungkin hal ini dapat terjadi. Membuka bisnis tanpa modal kini bisa semudah itu. Kalau dahulu mungkin membuka bisnis kita harus mengeluarkan modal yang tinggi, untuk sewa toko dan lain-lainnya. Kini sudah ada marketplace dimana kita bisa membuka toko, tanpa membayar alias gratis. Selain itu ada banyak lagi bisnis atau peluang usaha yang memang tidak membutuhkan banyak modal seperti bisnis bimbel, bisnis online dan macam-macamnya.

Hal ini menjadi angin segar bagi pebisnis pemula yang memang baru akan mencoba peruntungan di dunia ini. Menjajal dunia bisnis memang dapat dilakukan siapa saja, baik tua, muda, yang sudah bekerja maupun mahasiswa. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa dengan minim modal, kita tetap bisa membuka bisnis dan hal ini membuat pebisnis pemula yang notabene belum memiliki modal yang besar dan pengetahuan tentang berbinsis bisa ikut “meramaikan”.

Bisnis Roti 100oan cocok untuk usaha sampingan mahasiswa

Jika Anda mahasiswa, dan sedang mencari penghasilan tambahan, ada banyak sekali peluang usaha yang bisa kita coba. Salah satu peluang usaha yang dapat dibilang  cukup prospektif adalah di bidang kuliner. Jangan dulu membayangkan membuka coffee shop dengan modal yang besar ya, hal tersebut bukan tidak mungkin Anda coba, namun jika memang modal yang kita miliki terbatas, ada opsi usaha lain kok yang bisa kita coba, salah satunya adalah bisnis roti 1000an.

Mungkin Anda pernah melihat roti yang dijual 1000an bukan? Nah roti berharga terjangkau ini akan sangat cocok kita pasarkan di kawasan kampus. Mengapa? Mahasiswa seringkali skip sarapan pagi, nah hal ini dapat kita manfaatkan. Sebelum mulai membahas berapa keuntungan yang mungkin akan kita dapatkan, mari kita bahas permodalan terlebih dahulu.

Menjual roti Rp.1000an bukan hal yang sulit jika kita sudah menemukan supplier yang tepat. Produsen roti biasanya akan mematok harga yang cukup terjangkau jika kita mampu membeli sekian banyak untuk dijual kembali. Atau, dapat juga berlaku sistem semacam dropship, jadi kita “ambil” dulu satu atau dua kotak untuk kemudian kita pasarkan, lalu at the end of the day kita “kembalikan” sejumlah harga yang sudah ditetapkan.

Merinci modal bisnis roti murah harga seribuan

Terbilang cukup simpel karena kita tidak perlu repot membuat atau memproduksi sendiri roti-roti ini, namun kita hanya memasarkan saja, kemudian mengambil keuntungan dari roti yang kita jajakan tersebut. Berbicara soal modal, mari kita kalkulasi, jika dari supplier memberikan harga Rp. 1000 untuk tiap rotinya, kita bisa memasarkannya dengna harga Rp. 1500 – 2000 untuk tiap rotinya. Misalkan dalam sehari kita “ambil” 50 bungkus saja. Berarti kita harus mengeluarkan modal sebesar Rp. 1000 x 50 = Rp. 50.000.

Lalu jika dalam sehari kita bisa menjual katakanlah 50 bungkus roti saja, keuntungan kotor yang akan kita peroleh perharinya bisa mencapai Rp. 2000 x 50 = Rp. 100.000 per harinya. Dengan asumsi harga satu bungkus roti dijual dengan harga Rp. 2000. Lalu keuntungan bersih yang akan kita peroleh per harinya mencapai: Rp. 100.000 – Rp. 50.000 = Rp. 50.000. Keuntugan 100% akan dapat kita peroleh. Menarik bukan? Itu untuk perharinya. Jika ingin mengetahui keuntungan bersih per bulannya, marik kita kalkulasikan saja: Rp. 50.000 x 30 = Rp. 1.500.000 per bulannya. Cukup fantastis bukan?

 

Binsis ini banyak dipilih oleh mahasiswa yang sedang mencari uang jajan tambahan karena mudah dan menghasilkan keuntungan yang terbilang cukup tinggi. Untuk memulai bisnis ini pun terbilang cukup mudah, kita hanya perlu mencari supplier lalu membantu menjualkan produknya. Biasanya, para supplier ini juga mencari mahassiswa atau siapapun yang mau membantu menjualkan produknya. Tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis menguntungkan yang satu ini.

TIPS Mencair supplier roti murah

Dalam mencari supplier atau produsen untuk bisnis roti 1000an ini ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian yakni:

Cari supplier dengan harga terendah

Tidak dapat dipungkiri bahwa tentu kita menginginkan keuntungan sebesar mungkin bukan? Seperti prinsip ekonomi; “pengeluaran sekecil mungkin untuk mendapatkan sebesar atau semaksimal mungkin” perlu kiranya kita terapkan pada bisnis ini.

Cek kualitas terlebih dulu

Boleh lah murah,namun jangan sampai kualitasnya tidak bagus atau rasa roti tidak enak ya. Percuma juga jika kita memilih yang murah, namun tidak laku dijual. Hal iniperlu kita pastikan sendiri dengan mencicipinya terlebih dahulu. Beli satu atau dua produkterlebih dahulu kepada supplier agar kita mengetahui bagaimana rasanya. Jika memang enak, edible dan layak dijual, baru ajak kerjasama.

Pastikan supplier anda tangan pertama

Disini kita mencari supplier ya, berarti kita merupakan tangan kedua setelah supplier. Pastikan supplier atau produsen kita memang memproduksi sendiri. Biasanya harga yang ditawarkan supplier tangan pertama dan kedua sudah berbeda. Harga dari supplier tangan pertama akan lebih murah, sehingga kita bisa memaksimalkan keuntungan sebaik mungkin. Oleh karenanya, pastikan bahwa supplier kita ini merupakan supplier tangan pertama ya.

Cari supplier yang memberikan kejelasan

Pastikan bahwa supplier kita ini dapat memberikan kejelasan teknis kerjasamanya nanti akan seperti apa. Jadi semua harus jelas di awal sebelum kita mulai kerjasama bisnis roti 1000an ini. Nah hal-hal yang perlu kita pastikan di awal seperti: bagaimana sistem kerjasamanya? Apakah bagi hasil? Atau bagaimana? Pukul berapa produk bisa di pick up setiap harinya? Apakah produk tersedia setiap hari? Pukul berapa maksimal harus setoran? Dan lain-lainnya yang sekiranya crucial dan perlu ditanyakan. Hal ini penting karena segala sesuatu yang jelas di awal, akan memudahkan di kemudian harinya.

peluang bisnis roti 1000an yang menguntungkan
peluang bisnis roti 1000an yang menguntungkan

Itu tadi beberapa tips mencari supplier yang bisa Anda coba praktekan. Dalam membuka bisnis roti 1000an ini memang dibutuhkan kerja keras dan ketekunan. Beberapa tempat yang mungkin bisa kita jadikan target pemasaran di antaranya seperti; kampus, sekolah-sekolah atau di warung-warung yang sekiranya ramai. Kita bisa juga membuat dengan model kantin kejujuran, jadi kita perlu siapkan kotak untuk roti jualan kita, dan kotak untuk uang dan kembalian. Tinggalkan kotak ini di sudut koridor yang terlihat banyak orang, atau di dekat tangga, agar yang melewatinya bisa melihat dan siapa tahu tertarik untuk membelinya.

Jangan takut untuk memulai bisnsi menarik ini karena dengan modal yang kecil saja kita bisa mendapatkan hasil yang terbilang cukup lumayan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan sedikit informasi dan inspirasi ya!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *