bisnis ikan hias dengan mudah dan sederhana

bisnis ikan hias
bisnis ikan hias

BISNIS IKAN HIAS – Indonesia merupakan Negara akuaria yang 70% wilayahnya terdisi atas lautan, tentunya hal tersebut dapat dijadikan peluang usaha di bidang perikanan. Bisnis ikan hias merupakan salah satu peluang usaha yang saingannya tidak terlalu tinggi dalam bidang usaha perikanan. Untuk memulai bisnis ikan hias banyak hal yang harus kita perhatikan, entah itu dari jenis ikannya sendiri maupun dari tata cara budidayanya.

banyak jenis ikan hias yang dapat ditemukan di Indonesia, tetapi tidak semua ikan hias dapat dipelihara dengan mudah, apalagi ikan hias untuk tujuan komersial harus jenis ikan yang mudah dipelihara, supaya tidak merugikan si pelaku bisnis ikan hias. Ikan hias yang mudah dipelihara adalah jenis ikan yang tidak rentan terhadap penyakit dan ikan yang memiliki daya adaptasi tinggi, meskipun hidup di lingkungan jenis apapun. Jenis ikan hias yang mudah dipelihara salah satunya ikan koi, louhan, dan sebagainya.

Hal yang harus diperhatikan ketika akan memulai bisnis ikan hias tentunya paham bagaimana cara budidaya ikan hias yang baik dan benar. Disini admin akan memberikan tips dan trik cara mudah budidaya ikan hias sampai dengan cara pemasaran ikan hias.

Cara budidaya ikan hias

Persiapan tempat ikan

Tempat untuk pemeliharaan ikan hias dapat dilakukan dalam kolam terval maupun kolam beton. ukuran  kolam disesuaikan dengan kapasitas ikan. Ingat, jangan terlalu sempit dan jangan terlalu luas, karena jika kolam terlalu sempit dapat mengakibatkan ikan menjadi stress dan produksi telur tidak akan maksimal, selain itu, kapasatis kolam yang terlalu padat dapat menyebabkan ikan mudah terserang penyakit.  Sedangkan kolam yang terlalu luas membuat tidak efisien lahan dan pastinya memakan biaya yang lebih banyak, sehingga bisnis ikan hias tidak efektif.

Jika tempat ikan sudah tersedia tahap selanjutnya adalah mengisi air pada kolam. Kualitas air kolam ikan hias merupakan penentu keberhasilan dalam pemeliharaan ikan, air yang digunakan harus air jernih bebas dari zat-zat kimia , suhunya antara 24-300C dengan Ph yang netral, yaitu sekitar 7-8. Untuk membuat ph netral dapat dilakukan dengan cara menaburkan kapur pertanian dengan dosis yang cukup. Diamkan air tersebut minimal 24 jam sebelum diisi ikan.

Air pada kolam ikan hias harus tetap dijaga kualitasnya, suhu dan Ph air kolam harus tetap stabil karena hal tersebut merupakan salah satu faktor penentu warna pada ikan hias. Kualitas air dapat dijaga dengan cara rutin mengganti air pada kolam ikan minimal 1 minggu sekali.

Pemilihan indukan ikan

Hal yang harus diperhatikan untuk memilih indukan ikan hias betina dapat dilihat dari perut ikan yang membesar, alat kelaminnya menonjol kedepan dan bila perutnya diurut akan mengeluarkan telur, sedangkan untuk indukan jantan jika diurut bagian perutnya akan megeluarkan cairan putih atau sperma.

Indukan ikan hias harus sehat dan berasal dari keturunan yang bagus.

Cara pemijahan

Pemijahan ikan berbeda-beda tergantung dari jenisnya. Ada yang disuntik dengan hormon dan ada yang secara alami. Cara memijahkan ikan hias yaitu dengan memasukkan ikan jantan dan ikan betina pada kolam yang sama dengan perbandingan 2:4, artinya 2 ikan betina dan 4 jantan.

Proses penetasan dalam bisnis ikan hias

Setelah dilakukan pemijahan, telur ikan hias biasanya akan menetas setelah 24 jam pemijahan. Proses penetasan dilakukan pada kolam yang berbeda. Setelah menetas terbentuklah larva ikan hias. Larva-larva tersebut ada yang dipisahkan dengan induknya dan ada yang tidak dipisahkan tergantung pada jenis ikannya. Tapi akan lebih baik jika larva tersebut dipisahkan dengan induknya untuk mecegah sifat kanibal.

Larva-larva tersebut selama 1 minggu tidak perlu diberi makan karena di dalam perutnya sudah tersedia cadangan makanan, tetapi setelah 1 minggu larva harus diberi makan dengan pakan alami seperti cacing tanah dan dicampur dengan pakan komersial dan dilakukan 2 kali sehari dengan jumlah takaran tidak terbatas. pemeliharaan larva dilakukan sampai menjadi anak ikan hias.

Pemeberian pakan ikan hias

Memberi pakan pada ikan hias jangan terlalu instens, hal tersebut dapat menyebabkan kolam ikan menjadi cepat keruh. Sebanyak apapun pakan yang diberikan pada ikan tetap pakan akan cepat habis dan akan cepat pula dikeluarkan menjadi kotoran. Pakan yang diberikan pada ikan hias harus pakan yang berkualitas baik. Pakan ikan hias banyak dijual dipasaran, tetapi jangan kaget apabila harga pakan ikan hias lumayan mahal karena kebanyak bahan bakunya impor.

Penjualan dan pemasaran ikan hias

Anak ikan hias yang telah dipelihara dapat dijual ke pasar khusus ikan hias ataupun ke pengepul ikan hias. Dapat juga dijula secara online melalui media sosial atau penjualan online seperti buka lapak, olx dan sejenisnya.

Kesimpulan bisnis ikan hias

Banyak hal yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis ikan hias, mulai dari pemilihan ikan hias, budidaya ikan hias, sampai pemasaran ikan hias. Pemilihan indukan ikan hias harus berasal dari keturunan yang bagus dan ikan harus dalam kondisi sehat. Air yang digunakan pada kolam ikan harus memiliki kualitas yang baik. Pemeberian pakan pada ikan hias jangan terlalu berlebihan dan harus pakan kualitas baik. Pemasaran ikan hias dapat dijual ke pasar khusus ikan hias maupun melalui online.

www.seputarusaha.com

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *