-->

Cara Ternak Ayam Bangkok, Untuk Menghasilkan Aduan Super

Cara ternak Ayam Bangkok - Banyak fakta menarik mengenai ayam bangkok yang bisa kita simak. Salah satunya, ayam bangkok yang dijadikan aduan ayam, (sabung ayam), apakah sekedar hobi atau bisnis? Sebab ada banyak ada perbedaannya, namun secara umum banyak kaitannya. Hobi ayam bangkok super aduan cenderung hanya untuk senang senang dengan beberapa ekor untuk andalan aduan. sedangkan usaha ternak ayam bangkok lebih kepada hasil, bagaimana menghasilkan ayam bangkok supaya cepat besar dan banyak. Tapi kalau soal perawatan ayam bangkok tidak beda jauh, bahkan bisa dikatakan sama saja.

Cara beternak ayam bangkok yang baik adalah cara pemeliharaan ayam bangkok yang mana ayam bangkok itu pertumbuhannya cepat besar. Pertumbuhan ayam bangkok ini sebagai indikator teknis berhasilnya suatu usaha ternak ayam. Pemeliharaan yang benar tidak jauh jauh dari teknis beternak, dari perawatan, pemberian pakan dan pengendalian penyakit serta pelatihan pelatian khusus jika memang ayam bangkok nantinya dijadikan ayam bangkok aduan yang dilakukan si peternak sendiri. Jadi faktor utamanya adalah komitmen anda sendiri dalam beternak dan dukungan ilmu pengetahuan yang anda miliki.

Panduan Lengkap Cara Ternak Ayam Bangkok


Ketika berkomitmen ingin beternak, anda tinggal membekali diri dengan berbagai tips budidaya ayam aduan. Salah satunya arikel kali ini yang membahas tuntas cara ternak ayam bangkok. Simak baik baik ya!

Pemilihan Indukan Ayam bangkok Super Untuk diternak

Induk yang baik akan menghasilkan keturunan yang baik, namun tidak segampang itu karena memilih Ayam Bangkok kualitas terbaik bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan, butuh pengamatan yang jeli dalam memahami ciri ciri atau kriteria ayam bangkok yang berkualitas. Setidaknya induk ayam bangkok yang anda beli memiliki ciri ciri umum seperti dibawah ini :


Kriteria ternak ayam bangkok Jantan yang bagus :
  1. Pilih induk bangkok yang baik dan sehat.
  2. Pilih Pejantan bangkok yang memiliki tipikal petarung
  3. Batok kepala dan tulang alisnya tebal.
  4. Bulu mengkilap dan kaku, terutama pada bulu sayap dan ekor.
  5. Kaki bersisik kasar, dengan bentuk dari persegi empat sampai bulat.
  6. Kepalanya berbentuk buah pinang.
  7. Ketika berdiri, sikap badannya tegak.
  8. Mata masuk ke dalam, sipit, dan jernih.
  9. Kulit muka kasar, tebal dan berwarna merah.
  10. Paruh besar, kuat melengkung, beralur mulai dari lubang hidung ke arah muka.
  11. Lubang hidung agak ke depan.
  12. Jari kaki panjang, kecil, kuat dan susunan jarinya mekar.
  13. Pandai memukul bagian vital lawan.
  14. Pukulan keras dan akurat.
  15. Tulang-tulangnya kasar dan rapat
Kriteria dan ciri ayam bangkok betina/babon yang bagus :
  1. memiliki bentuk kepala yang bila dilihat dari depan menyerupai bentuk kepala ular.
  2. Mata ayam bangkok betina yang menjorok ke dalam biasanya menandakan bahwa ayam tersebut memiliki sifat keibuan. 
  3. Bentuk badan yang menyerupai bentuk botol. Hal ini bisa Anda rasakan dengan memegang bagian dada dan perut ayam dari bawah sembari mengangkatnya.
  4. bentuk dan wujud kaki dengan sisik kering dan jari yang panjang
  5. Tulang sapit atau tulang di bawah pangkal ekor yang lebar (berukuran 3-4 jari) adalah ciri dari ayam bangkok betina yang akan menghasilkan anak ayam berkelas.
  6. Bulu yang bersih dan mengkilat adalah ciri luar yang menandakan ayam memiliki ketahanan fisik yang baik.

Menyediakan Kandang ternak Ayam bangkok

Kandang adalah faktor penting yang menunjang keberhasilan dalam proses cara ternak ayam bangkok. Kandang dibuat untuk tempat berkembang biak dan produksi, tanpa kandang yang baik, ayam yang sudah dibesarkan akan mudah terserang penyakit, dicuri, atau mengalami masalah-masalah lain. Kandang yang baik adalah kandang yang dapat menjadi tempat hidup nyaman bagi ayam bangkok dan mampu menghindarkan ayam dari segala permasalahan yang terjadi.


Ada beberapa jenis kandang yang harus anda sediakan dalam usaha ternak ayam bangkok secara intensif, namun jika anda hanya memlihara sebagai hobi, anda bisa memilih salah satu yang mendukung. 
  1. Kandang umbaran satuan adalah kandang yang digunakan sebagai kandang kawin, kandang umbaran, sekaligus sebagai kandang anakan usia 1,5-3 bulan. Kandang ini menyesuaikan tempat dirumah anda. Alas kandang berupa tanah yang dicampuri pasir atau kerikil untuk membentuk struktur cakar dan jari-jarinya.
  2. kandang postal adalah kandang yang dikhususkan untuk anak ayam yang baru menetas. Dinding kandang dibuat dari kawat dan dibagian dalamnya harus dilengkapi dengan pemanas yang terbuat dari lampu bohlam. 
  3. Kandang tidur dibuat khusus untuk tidur malam hari. Alas kandang ini ditinggikan dengan bentuk panggung minimal 1,5 meter dari tanah untuk menghindari suhu tanah yang dingin saat malam. 

3. Manajemen Pakan Ayam bangkok

Pakan merupakan sarana produksi peternakan paling penting yang dibutuhkan karena berkaitan dengan pertumbuhan ayam bangkok. Walau ayam ini bukanlah ras pedaging, tetap saja pakan paka harus diperhatikan dalam cara ternak ayam bangkok, dari mulai pemberian dan kebutuhan nutrisi  pakan sesuai umur ayam. Apalagi ayam bangkok aduan yang notabene sering disabung, tentu memerlukan energi dari pakan yang disuplai dari pakan yang kita berikan.

Untuk menyuplai atau memberikan makanan ayam bangkok sebaiknya berdasarkan umur ayam, karena berkaitan dngan kebutuhan gizi pertumbuhannya. Umur ayam bangkok anakan lebih ditekankan pada pertumbuhan cepat sehingga membutuhkan protein lebih besar sebagai pembangun sel dan organ.  Pada usia 2 mingguan, ayam bangkok mengalami pertumbuhan yang drastis, yang dikenal dengan sebutan pertumbuhan hyperplasia dan hypertropia.

Hypertropia adalah perbanyakan sel dengan cepat dan hypertropia adalah pembesaran sel dengan cepat. Untuk itu angan lewatkan pemberian pakan yang berkualitas saat usia ini, kala tidak, ayam bangkok yang anda pelihara pertumbuhannya terhambat atau lebih dikenal dengan "kecentet". Namun jangan khawatir jika anda sudah memberikan pakan yang berkualitas untuk ayam bangkok aduan anda, hanya saja efisienkah pemberian tersebut?

Cara Ternak Ayam Bangkok : Pemberian pakan bangkok sesuai umur


Agar efisien dalam cara ternak ayam bangkok, penggunaan pakan solusinya adalah memberikan pakan sesuai kebutuhan.

Pakan ternak Ayam Bangkok Umur 1-30 Hari

Pemberian pakan pitik bangkok diawah satu bulan disaraankan kering dan butiran kecil dengan sedikit air. Intinya menghindari pitik bangkok basah, karena kalau sudah basah rentan mati karena kedinginan dll. Contoh paka kering dan butiran adalah menir dan vur yang digerus agar lebih kecil ukurannya disertai vitamin yang dilarutkan dengan air minum

Pakan ayam bangkor umur 1, 2, 3 Bulan

Pada umur 1 bulan keatas, ayam bangkok mulai dilatih pakan fur biasa dan hijaun seperti tauge, sayuran yang dirajang kecil kecil. Pemberian sayuran untuk memenuhi kebutuhan sayuran alami. Jika tidak sempat menggunakan vitamin pasaran uga tidak papa yang penting sesuai dosis.

Pakan Ayam bangkok 4-5

Umur segini gini ibarat manusia adalah remaja atau dihewan adalah dere. Sebentar lagi dewasa. Kalau sitilah ilmiahnya dewasa kelamin, dimana organ reproduksi mulai berfungsi. Pakan yang baik pada umur ini adalah pakan tambahan prottein selain dari vor. Seperti tepung ikan, atau bekicot.

Pakan ayam dewasa

Setelah dewasa, dimana ayam muali rakus dan makannya banyak, disini anda harus pintar pintar memberikan variasi makanan alternatif untuk mengurangi biaya pakan. Intinya jika pembibitan adalh racikan bagaimana lebih efisien sedangkan kalau untuk aduan bisa ditekankan pada pakan agar bisa kuat bertarung.

Demikian ulasan mengenai cara ternak ayam bangkok. Bagi kalian yang ingin memelihara untuk ayam aduan terdapat cara cara khusus melatih pukulan, stamina dan kekuatan ayam bangkok. Hal ini sudah kami ulas terpisah dalam artikel melatih ayam bangkok menghasilkan pukulan mati.